Class dalam oop

Awalnya saya juga gak ngerti apa yang dimaksud class dalam oop, tetapi setelah 1 tahun saya belajar pemrograman java saya baru mengetahui apa itu yang dimaksud dengan class, cukup lama juga saya baru paham tentang class dalam oop, hehehe  ya sudah gak usah banyak basa-basi lagi saya akan menjelaskan apa yang dimaksud class dalam oop.

konsep-oopclass dalam oop itu adalah semacam cetakan, atau template, untuk membuat objek. Ibaratkan sebuah rancangan rumah yang digunakan untuk membangun ratusan rumah. Rumah yang dibangun tersebut adalah objek dari kelas rancangan rumah. Hal ini dapat dilakukan karena semua objek rumah yang dibangun memiliki karakteristik yang sama, sehingga dapat dibuatkan semacam blueprint­nya. Tetapi objek-objek yang dibangun tetap akan memiliki bentuk fisik tertentu sendiri-sendiri, seperti variabel dalam sebuah program, atau pintu sebuah objek rumah. Dengan penjelasan ini, kelas dapat kita definisikan kembali menjadi sebuah blueprint, atau prototipe, yang mendefinisikan variabel dan metode yang sama untuk semua objek sejenis.

hehehe mungkin itu saja yang dapat saya jelaskan soal nya saya juga belum mengerti benar soal class dalam oop, semoga tulisan saya dapat dimengerti dan bermanfaat bagi kalian semua yang membacanya 🙂

Tinggalkan Balasan

